Monday, July 8, 2013

Renungan | Jika Tahun ini Adalah Ramadhan Terakhirmu

1 Ramadhan 1434H bertepatan dengan Hari Rabu, 10 Juli 2013. Mulai hari itu seluruh umat muslim yang beriman diwajibkan untuk menunaikan ibada puasa sebagai rukun islam ketiga. Pernahkah anda membayangkan bila ini adalah ramadhan terakhirmu? Apakah anda memiliki jaminan akan bertemu dengan ramadhan tahun depan? Maka bersyukurlah dengan mengucap Hamdalah "Alhamdulilahirabbil'alamin..." karena anda telah dipertemukan dengan Ramadhan 2013. 

Sekedar untuk merenung... 
Lihatlah saudara kita yang ada di Aceh Tengah dan Bener Meriah yang terkena musibah Gempa Bumi, padahal tak lama lagi akan tiba bulan Ramadhan, betapa sedihnya mereka karena tak dapat menikmati puasa Ramadhan dalam suasana yang diharapkan. Sungguh anda akan menyesal bila tidak menemui Ramadhan tahun ini bila hidup anda masih bergelimangan dosa. Apakah ada jaminan tahun depan anda akan bertemu dengan bulan suci Ramadhan lagi? jawabannya tentu "Tidak" karena satu jam kedepan kita tidak pernah tahu apa yg akan terjadi dengan diri kita.

Untuk itu mari sejenak kita renungkan...
Jika Tahun ini adalah Ramadhan Terakhirmu....
Apa yang mesti kamu perbuat...?

Sungguh aku sadar bahwa aku belum siap dengan itu, walau tidak ada satu makhluk pun yang bisa lari dari takdir kematian yang telah Allah tetapkan. Sungguh aku sadar bahwa amal yang kumiliki tidak akan berarti apa-apa dibandingkan dengan dosa dan nista yang menggunung yang telah aku perbuat di kehidupanku. Sungguh aku sadar bahwa amal perbuatanku. Sungguh aku sadar bahwa aku tidak akan sanggup ketika menghadapi pengadilan Allah kelak di hari akhir nanti.

Aku hanya mampu menangis ketika memikirkan tulisan itu. Aku hanya mampu bersimpuh memohon ampunan kepada Allah.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ya Allah,,
hamba-Mu ini hanyalah hamba-Mu yang nista,
yang kotor akn dosa-dosa..

Ya Allah,,
hamba bersimpuh Pada-Mu
memohon ampunan-Mu..
memohon dengan permohonan
orang-orang yang takut akan azab dari-Mu..

Ya Allah,,
hamba sadar bahwa hamba lalai,
hamba lalai karena masih saja melakukan dosa..
padahal hamba telah berulang ulang kali memohon ampunan-Mu,,
namun berulang ulang kali pula hamba melakukan dosa yang sama..

Ya Allah,,
masih sudikah Engkau mengampuni hamba-Mu yang hina ini Ya Rabbi..
masih sudikah Engkau memberi hamba waktu
untuk hamba memperbaiki hidup hamba yg penuh dosa ini...

Ya Allah,,
malam ini hamba menangis sejadi-jadinya.
berharap agar tak ku perbuat lagi segala dosa ini.

Ya Allah,,
semoga hamba selalu berada
pada jalan yg Engkau ridhoi....

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites